Ternyata Terlalu Banyak Makan Ikan Asing Dapat Memicu Kanker

Ternyata Terlalu Banyak Makan Ikan Asing Dapat Memicu Kanker

Ternyata Terlalu Banyak Makan Ikan Asing Dapat Memicu Kanker

Ternyata Terlalu Banyak Makan Ikan Asing Dapat Memicu Kanker - Hati hati untuk anda yang suka makan ikan asing. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jika orang yang memiliki kebiasaan makan ikan laut yang diawetkan, misal ikan asin atau ikan asap, maka akan berdampak menimbulkan penyakit berikut ini.
Sebuah penelitian mengatakan kalau orang yang memiliki kebiasaan makan ikan laut yang diawetkan, seperti ikan asin atau ikan asap, lebih beresiko untuk mendapat penyakit ini.

Bila anda adalah seorang suka mengkomsumsi Ikan Asing maka anda wajib menyimak informasi penting ini. Namun tidak bermaksud menakut-nakuti, tapi sekedar mengingatkan saja bahwa bila anda sering mengonsumsi ikan asin terlalu maka bisa memicu timbulnya kanker nasofaring alias kanker pangkal tenggorokan.

Terdapat penelitian yang mengungkap bahwa seseorang yang sudah terbiasa mengkomsumsi ikan laut yang diawetkan, semisal ikan asap atau ikan asing, maka resiko untuk terjangkit penyakit ini peluangnya lebih besar.

Hal tersebut dikarenakan substansi nitrosamin yang terdapat pada ikan yang diawetkan, terbukti mampu mengakibatkan kelainan yakni kanker nasofaring. Hal ini telah diuji cobakan kepada tikus yang diberi zat ini berulang-ulang dan terkena penyakit tersebut.

Selain itu Ikan asin juga mengandung nitrosamin yang ternyata berfungsi sebagai pengaktif virus Epstein-Barr. Virus tersebutlah yang menjadi pemicu utama kanker nasofaring (kanker kanker tenggorokan atau THT). Menurut penelitian, penyakit ini lebih banyak menyerang pria dibandingkan wanita. Perbandingannya sekitar 2:1.

Fakta yang lebig mencengankan lagi adalah bahwa jenis kanker ini dapat ditemukan di berbagai negara di dunia. Dan menurut informasi bahwa yang terbanyak berada di Tiongkok selatan. Bahkan, keturunan Tionghoa yang tinggal di Amerika Serikat, tak sedikit yang menderita penyakit ini.

Kenapa banyak dari warga Tiongkok tersebut terjangkit penyakit ini? Hal ini dikarenakan ternyata memiliki kebiasaan mengkomsumsi ikan asin sejak mereka masih balita dimana mereka menggunakannya sebagai makanan tambahan.

Yang menjadi pertanyaan besar adalah apakah kita tidak boleh mengonsumsi ikan asin?

Jawabnya adalah bisa namun, jangan terlalu sering, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda saja dan usahakan menu makanan anda bervariasi dan tidak hanya terpaku pada Ikan Asing saja.

sumber : http : // intisari. grid. id/Wellness/Fitness-And-Health/Awas-Sering-Makan-Ikan-Asin-Dapat-Memicu-Kanker

Jika info ini bermanfaat share ke teman facebook anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser